Home » » Lebih Dekat dengan Bellaetrix Manuputty

Lebih Dekat dengan Bellaetrix Manuputty

     Bulu tangkis sejauh ini masih menjadi salah satu cabang olahraga yang menjadi tumpuan dalam mengharumkan nama bangsa. Namun, perjuangan atlet-atlet terbaik bangsa sulit untuk disaksikan oleh masyarakat karena tidak ada televisinasional yang berani menyiarkan turnamen-turnamenbulu tangkis.
     Bellaetrix Manuputty, salah satu atlet bulu tangkis cabang tunggal putri ini merasa sedih dengan kenyataan tersebut. Baginya, masyarakat perlu untuk menyaksikan perjuangan-perjuangan pemaindi atas lapangan.
     Srikandi bulu tangkis berusia 27 tahun ini dinilai sebagai salah satu atlet yang memiliki paras cantik. Siapa sangka, peraih Emas SEA Games 2013 ini pernah terjun ke dunia seni peran.
     Berikut kutipan-kutipan Bella saat diwewancarai :
     Klub Bella saat ini Jaya Raya. Ada perbedaan porsi dan pola latihan antara klub dan pelatnas?
"Latihan di klub sama di pelatnas sama saja. Bedanya di klub lebih general. Kalau di klubpemainnya banyak, bisa sampai 20 orang. Sedangkan di pelatnas hanya enam orang. Tim pelatih juga bisa lebih fokus menangani pemain di pelatnas dibanding di klub. Perbedaan yang paling mendasar terletak pada target. Klub bicaranya taraf nasional, sedangkan di pelatnastaraf internasional."
     Bagaimana membagi waktu antara latihan diklub danpelatnas? "Dipelatnas latihan jalan terus. Di klub pas ada kejuaraan saja. Untuk latihan bersama klub dua kali seminggu, itu juga saat kejuaraan. Selebihnyadi pelatnas terus."
     Jika di olahraga lain, misalnya sepak bola atau bola basket, pemain pindah klub hal wajar. Bagaimana di bulu tangkis? "Jarang ada pemain bulu tangkis yang pindah klub. Meskipun ada, itu juga yang masih kelompok umur anak-anak, biasanya dibawah 17 tahun."
     Alasannya? "Loyalitas. Kalau saya pribadi karena sudah ada di klub tersebut sejak kecil. Sudah kenal dengan tim pelatih hingga pengurus-pengurusnya. Selain itu juga sudah akrab sama teman-teman. Aneh kalau nanti yang tadinya teman jadi musuh, terus yang tadinya musuh jadi teman.  Meskipun tawaran datang dari klub lain jauh lebih menggiurkan, tetap tidak bisa pindah. Ya, karena loyalitas itu tadi."
     Saat ini televisi nasional belum ada yang mau menyiarkan turnamen bulu tangkis, sampai-sampai netizen buat hashtag di Twitter #RIPTVNasional. Ada komentar? "Sedih pastinya. Apa jangan-jangan pertadingan bulu tangkis itu membosankan?Padahalkita semua tahu, cabang ini yang paling sering mengharumkan nama bangsa. Jadi, aku sedih kenapa belum ada yang mau menyiarkan saat ini."
     Menurut Bella, apa pengaruhnya jika tidak ada siaran di televisi nasional? "Saya percaya masyarakat pasti mendukung dan mendoakan. Tapi, kadang masyarakat itu cuma tahu akhir-akhirnya saja."
     Dalam beberapa forum, Bella dianggap sebagai salah satu atlet berparas cantik. Bisatidak  seorang atlet ‘banting stir’ menjadi seorang artis? "Kalau ditanya bisa atau tidak ya bisa-bisa saja. Buktinya juga sudah ada dari bulu tangkis, Yuni Kartika sekarang jadi presenter."
     Pernah terjun di dunia entertainment? "Pernah dua kali. Pertama pas tahun 2007 pernah menjajal FTV. Tapi, bukan pemeran utama.Kedua pas lagi liburan Natal pernah jadi presenter acara olahraga di salah satu stasiun televisi swasta."
    Bagaimana soal uang saku bagi pemain? "Uang saku pemain itu dari kontrak sponsor pribadi. Kalau dari pelatnas sendiri adanya semacam uang makan. Tiap Sabtu dan Minggu kita tidak dapat makan dan dikirim tiap sebulan sekali."
     Soal kontrak dengan sponsor, pihak pelatnas ikut ambil peran? "Tidak ada, itu semua kesepakatan pribadi. Makanya ada banyak di pelatnas yakni Yonex, Li Ning, Victor, dan lain-lain. Soal nilai, biasanya sponsor akan memberikan nilai kontrak yang lebih tinggi untuk pemain yang ada di pelatnas dibanding di luar."
Source : Msport

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts